Apa sesungguhnya nama istri Datu Parulas Parultop?

Oleh Drs. Djabintang Hasiholan Siboro

Judul diatas mungkin dirasakan sebagai sesuatu yg aneh. Tapi kita harus menyadari bahwa hal ini sungguh sangat serius utk kita cermati, terkait dgn identitas dan jatidiri kita marga Siboro keturunan Datu Parulas Parultop (DPP). Kita jelas tidak mau di ombang-ambingkan oleh pernyataan/pendapat atau kesepakatan dari manapun atau dari siapapun, sehingga bisa membuat kita terperangkap dalam kebimbangan dan ketidak pastian. Kita tidak mau nama ompung boru kita yang sesungguhnya dihilangkan (dicoret) oleh pihak pihak yang tidak bertanggungjawab, entah siapapun itu, lalu menggantinya dgn nama lain yg selama ini tidak pernah kita dengar dan tidak pernah kita tahu nama itu. Terkait dengan hal ini mari kita ikuti uraian uraian atau kajian sebagai berikut:

Pada tgl 28 Nopember 2023, diadakan Tonggo Raja Pomparan Ompung Raja Siboro, bertempat di Huta Lumban Pea, Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kab. Samosir. Dari hasil Tonggo Raja itu disepakati 4 hal, salah satunya yang paling penting kita sikapi adalah kesepakatan KETIGA yang berbunyi: "Keturunan Raja atau Kumpulan Siboro yang disepakati adalah keturunan Opung Datu Parulas Parultop dengan istrinya Opung Perempuan bernama Mawale Bulan Uttimas, boru Sagala, putri Sagala Raja." Nama boru Sagala diatas sungguh baru kita dengar dan aneh ditelinga. Kita ingin memastikan hal ini dengan sebuah pertanyaan: Betulkah Mawale Bulan Uttimas adalah istri dari Op.DPP?  

Pertanyaan tersebut diatas harus ada jawaban dan kejelasan. Untuk itu marilah kita kupas: Jika dilihat dari silsilah atau tarombo dihitung dari Si Rajabatak, Op. DPP adalah generasi (sundut) ke 12, sedangkan Mawale Bulan Uttimas, putri Sagala Raja adalah generasi (sundut) ke 4. Mungkinkah Op.DPP generasi 12 menikah dgn Mawale Bulan Uttimas generasi ke 4? Jaraknya terlalu jauh, ada 8 generasi. Jelas ini tidak mungkin, tidak masuk diakal dan tidak benar. Terus terang kita tidak tahu ada motif apa dibalik kesepakatan yg KETIGA hasil Tonggo Raja itu.

Yang benar nama ompung boru kita adalah Asang Pagar boru Sagala Hutabagas, putri dari Tuan Mula Ni Huta II, bukan nama yg lain. Dari kandungan ompung boru kita lahir 3 putra dan menjadi 4, yaitu: 1. Bangundongoron, 2. Op.Niarga, 3. Pangaribuan dan 4. Suha.

Untuk mempertegas siapa sesungguhnya ompung boru kita, saya ingin mengutip sebagian isi sambutan Pdt. Anggiat B. Sagala (almarhum) pada buku: "Pusuk Buhit Sianjur Mula Mula, Datu Parulas Parultop dan Keturunannya Marga Siboro." (September 2015). Begini kutipan sebagian sambutan beliau:

"Kami marga Sagala Hutabagas yang paham dan mengetahui betui, bahwa kami adalah sebagai Pamupus atau Panggompar, untuk ini kami merasa senang, bangga serta menghargainya. Benar bahwa ibu leluhur marga Siboro di Sagala bernama Asang Pagar boru Sagala Hutabagas, yakni Namboru kami yang menjadi istri dari Datu Parulas Parultop Purba Sigulang Batu. Asang Pagar adalah putri kandung dari leluhur kami Tuan Mula Ni Huta II di Sagala."

Untuk diketahui, Pdt. Anggiat B. Sagala dimasa hidupnya adalah Sesepuh Punguan Sagala Raja Jabodetabek dan sesepuh marga Sagala Hutabagas.

Demikianlah tulisan ini saya sampaikan untuk mendapatkan kejelasan dan  kepastian bagi kita. 

(Gambar adalah sekedar ilustrasi, diambil dari https://pngtree.com/freepng/brides-hobo_8921833.html)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Datu Parultop dan Datu Parulas (1)

Mengenai Marga Siboro

Huta Haranggaol: Tempat asal marga Siboro