Para tokoh yang bernama mirip dengan Datu Parulas Parultop

Siboro adalah salah satu marga yang mengaku sebagai keturunan dari Datu Parulas Parultop. Selain leluhur yang diklaim oleh banyak marga ini, ada juga para tokoh lain yang bernama mirip dengan Datu Parulas Parultop. Apakah mereka orang yang sama?

•⁠  ⁠⁠Tuan Horsik: menurut buku "Kerajaan Dolog Silou: Silsilah, Perkembangan dan Kesudahannya”, Tuan Horsik adalah raja Nagur Dolog Silou, yang adalah kerajaan penerus kerajaan Nagur yang dikalahkan oleh Aceh (lihat kerajaan-kerajaan di Simalungun di bagan ini). Raja Horsik adalah menantu dari raja Nagur sebelumnya, dan diberi gelar Jigou saat menjadi raja. Tuan Horsik dikenal dengan nama Pangultopultop. Masa hidup mencakup masa Sultan Aceh ke-3 Alauddin Ri'ayat Syah al-Kahar (1537-1571).

•⁠  ⁠⁠Sindarlela, dikenal dengan nama Pangultobultob. Sindarlela adalah anak dari Tuan Horsik, yang diangkat menjadi raja Silou oleh Aceh pada tahun 1567.

•⁠  ⁠⁠⁠Tuan Pangultopultop, raja di kerajaan Pematang Purba, yang memerintah pada tahun 1515-1560.

Gambar di kiri (bisa juga diliha di sini) menunjukkan nama lokasi (warna kuning) dan nama orang yang menunjukkan asal-usul Silou menurut buku "Kerajaan Dolog Silou: Silsilah, Perkembangan dan Kesudahannya”. Kerajaan Silou adalah kerajaan marga Purba Tambak, lanjutan dari kerajaan Nagur. Menurut buku ini (halaman 4), marga Siboro adalah pecahan dari marga Purba Tambak, yang berasal dari dari kampung Siboro di dekat Haranggaol (Tiga Langgiung) di Kecamatan Purba Horisan.

Apa hubungannya Tuan Horsik yang disebut Pangultopultop, Sindarlela yang dikenal dengan nama Pangultobultob dan Tuan Pangultopultop dengan Datu Parulas Parultop? Untuk menjawab pertanyaan dibutuhkan riset lebih lanjut, dan mungkin akan tetap menjadi misteri selamanya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenai situs "Marga Siboro"

Datu Parultop dan Datu Parulas (1)

Huta Haranggaol: Tempat asal marga Siboro